Sabtu, 14 April 2018

Hikmah ke 3

الحكمة الثالثة:
سوابق الهمم لا تخرق أسوار الأقدار

Kuatnya himmah ( keinginan ) tak akan mampu menghancurkan benteng Takdir.
___________________
الهمم هي العزائم التي يمتع الله بها الناس في مجال الإقبال على شؤونهم من(تجارة _صناعة_دراسة _)هذه الهمم مهما اشتدت وقويت في نفوس أصحابها فإنها لا تستطيع أن تخترق أسوار الأقدار .

Himmah atau himam adalah tekad atau cita-cita yang Allah berikan pada manusia supaya mereka beraksi terhadap urusannya. Baik berupa bisnis, produksi barang, belajar dll. Himmah ini berapapun kuat dan menggeloranya dalam jiwa seseorang ia tetap tidak akan mampu menghancurkan benteng takdir.

شبه ابن عطاء الله القدر الذي قدره الله في غيبه بسور محكم عال غليظ :يا ابن آدم اكدح كما تحب وابحث عن النتائج ومارس الأسباب ولكن فلتعلم أن الأسباب التي تتعامل معها مهما كانت ذات مضاء وفاعلية فيما يبدو لك تتحول إلى ظواهر ميتة إن هي عارضت قضاء الله وحكمه في سوابق غيبه.

Ibnu 'athoillah mengumpamakan Takdir yang telah Allah tetapkan di alam ghaibnya (sebelum manusia lahir) dengan benteng yang dilindungi dan sangat kuat. Hei anak adam berusahalah sesukamu, gapailah cita-cita itu, jalanilah proses. Tapi ingat bahwa proses yang kamu lakukan, bagaimanapun kerennya menurutmu akan berubah menjadi gerakan-gerakan yang mati jika ia bertentangan dengan takdir Allah yang telah ditetapkan-Nya.

من #كتاب #الحكم_العطائية لسيدي #الشهيد #البوطي رحمه الله تعالى

Tidak ada komentar:

Posting Komentar